Ke PGRI-an

https://docs.google.com/document/d/1K0ffWK51uZEbWX7rFYRwkJXe9BsLUIx5/edit?usp=sharing&ouid=105793179846789813217&rtpof=true&sd=true

https://drive.google.com/file/d/1Jj67gS1N2-kru2ZciyjL82qQJITfXDnS/view?usp=sharing


MAKALAH

CONTOH  

BUKU PEDOMAN ADMINISTRASI

LEMBAGA KEGIATAN MAHASISWA

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Ke PGRI-an

Dosen Pengampu: Dr. M. Bayu Firmansyah M.Pd

 

 

Disusun Oleh:

1.   MOHAMMAD FAJAR AFRILIANSYAH           (21157201120)

2.   ACMAD NUR ARIFIN                                         (21157201061)

 

 

PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER

FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA

PASURUAN

2022

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR ……………………………………………………….. .......................... 

BAB I  PENDAHULUAN.......................................................................................................... 1

BAB II  ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN......................................................... 2

BAB III ADMINISTRASI KEARSIPAN........................................................................ 9 

BAB IV ADMINISTRASI KEANGGOTAAN............................................................. 24

BAB V  PANDUAN PROPOSAL................................................................................. 25

BAB VI PANDUAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN................................. 28

BAB VI PENUTUP...................................................................................................... 32

 

             

 

             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kehadirat Allah swt atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Pedoman Administrasi  Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM U, BEM F, dan HMPS) Universitas Ahmad Dahlan 2015 ̶ 2016.


Kami berharap Pedoman Administrasi ini dapat dipergunakan sebagai pedoman Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM U, BEM F, dan HMPS) Universitas Ahmad Dahlan dan bermanfaat bagi semua pengurus Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM U, BEM F, dan HMPS) Universitas Ahmad Dahlan serta rekan-rekan lainnya. Kami berusaha memberikan hasil yang terbaik, dengan segala keterbatasan yang kami miliki. Oleh karena itu, kami memohon maaf apabila dalam penyajiannya dan penyusunan pedoman administrasi ini terasa kurang tepat. Keberhasilan menyelesaikan penyusunan pedoman ini tidak lepas dari bantuan semua Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM U, BEM F, dan HMPS) Universitas Ahmad Dahlan.

Sebagai penutup kebenaran itu datang dari Allah swt dan kesalahan itu sebagai akibat kelalaian kita sebagai makhluk tuhan. Terima kasih atas kesempatan, kepercayaan, dan dukungan, dan bantuan yang telah diberikan kepada kami.

 

Pasuruan, 20 September 2022

Tim Penyusun

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Organisasi kemahasiswaan di lingkungan UAD terhimpun dalam Keluarga Besar

Mahasiswa UAD yang keberadaannya didasarkan pada Keputusan Rektor UAD. Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang disingkat dengan KBM UAD adalah suatu organisasi yang berkedudukan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (AD pasal 3). KBM UAD beranggotakan seluruh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang tercatat dan aktif secara akademis (AD pasal 10) serta organisasi kemahasiswaan (KBM-UAD) yang salah satunya yaitu Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) Universitas Ahmad Dahlan.

Pencapaian tujuan dari Lembaga Kegiatan Mahasiswa yang salah satunya yaitu BEM (BEM U, BEM F, dan HMPS) bisa dilakukan jika kerjasama semua unsur didalam organisasi berjalan dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian proses kerja sama semua unsur organisasi supaya pencapaian tujuan berlangsung secara efisien dan efektif. Salah satu pengendalian yang dimaksud adalah secara keseluruhan tanpa menitikberatkan pada salah satu unsur tertentu. Pengendalian proses kerjasama disusun dalam sebuah peraturan, yakni pedoman administrasi yang merupakan bagian dari organisasi secara umum.

Mengingat adanya kebutuhan dan tuntutan perkembangan organisasi yang semakin meningkat, terutama pada kesadaran akan perlunya organisasi yang rapi dan teratur dalam mencapai tujuan organisasi dan cita-cita perjuangan, maka perlu dilakukan penyempurnaan pedoman administrasi di Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM UAD, BEM F dan HMPS).

 

B.  Tujuan 

Pedoman administrasi BEM (BEM UAD, BEM F dan HMPS) disusun bertujuan untuk dijadikan pedoman dalam pengelolaan administrasi BEM (BEM UAD, BEM F dan HMPS) dalam rangka menuju tertib organisasi, sehingga akan tercipta koordinasi, integrasi dan sinkronisasi terhadap pengelolaan dan pelayanan administrasi BEM (BEM UAD, BEM F dan HMPS).

 

C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup yang menjadi sasaran pedoman administrasi adalah mencakup:

1.  Administrasi Kesekretariatan         4. Administrasi Keanggotaan

2.  Administrasi Kearsipan                  5. Penulisan Proposal dan LPJ

BAB II

ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN

 

Administrasi kesekretariatan adalah kegiatan organisasi yang meliputi pengelolaan sekretariat, pengadaan barang-barang organisasi (inventaris) termasuk arsip.

 

A. Sekretariat

1.  Pengertian Sekretariat

Sekretariat merupakan tempat kegiatan secara teratur yang pada hakekatnya menjadi sentral (pusat) pengendalian organisasi, komunikasi, informasi organisasi, kegiatan administrasi, perencanaan kebijakan, serta penghubung dengan anggota dan masyarakat.

2.  Fungsi Sekretariat

a.      Menangani dan melayani fungsi perkantoran.

b.     Melaksanakan administrasi organisasi.

c.      Mengadakan dan melaksanakan persidangan rutin.

d.     Mengorganisasikan tugas-tugas rutin dan insidental. 

e.      Mengorganisasikan pelaksanaan keputusan dan program.

f.      Mengorganisasikan pendataan organisasi dan pelayanan informasi/ komunikasi  organisasi.

g.     Mengkoordinasi personalia.

3.  Pengaturan Sekretariat

Supaya sekretariat BEM (BEM UAD, BEM F dan HMPS) dapat berfungsi secara optimal, maka perlu dibuat pengaturan tentang sekretariat yang meliputi letak, bangunan dan sumber daya manusia.

a.  Letak Sekretariat

Fungsi-fungsi sekretariat dapat dijalankan apabila sekretariat BEM (BEM UAD, BEM F dan HMPS) terletak di tempat yang strategis, mudah dijangkau, dan dengan keadaan lingkungan yang kondusif.

b.  Bangunan/ Ruangan

Banguanan sekretariat BEM (BEM UAD, BEM F dan HMPS)

hendaknya diusahakan dapat menampung seluruh kegiatan administrasi dan  lainnya untuk menjamin kelayakan bangunan/ ruangan sekretariat hendaknya diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1)     Jumlah ruangan memadai.

2)     Kelengkapan peralatan  kantor.

3)     Kesehatan, kebersihan dan kerapian sekretariat.

c. Sumber Daya Manusia

Salah satu faktor penting dalam pengelolan sekretariat adalah tenaga pengelola. Sangat baik apabila setiap tingkatan instansi atau lembaga  memiliki sekretaris yang secara khusus bertugas melaksanakan pelayanan administratif keseharian. Namun bila tidak memungkinkan, maka diatur pembagian tugas dalam pengelolaan sekretariat, semisal diatur piket kantor sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas rutin organisasi.

4. Alat-alat Kesekretariatan

Dalam tugas mengembangkan amanat kongres serta untuk melancarkan tugastugas organisasi, khususnya yang berhubungan dengan peyelenggaraan tertib administrasi, maka hal-hal yang perlu mendapat perhatian di antaranya:

a.      Komputer

b.     Lemari + rak buku

c.      Meja + kursi

d.     White board

e.      Stempel

Stempel Logo Organisasi dan Stempel Kegiatan

f.      Kertas

1)      Kertas berkop

2)      Amplop berkop

3)      Blanko peminjaman arsip

4)      Kertas kosong

5)      Kertas memo

6)      Kertas nota atau kwitansi

g.     Buku-buku Organisasi

1)      Buku induk anggota

2)      Buku notulensi rapat

3)      Buku presensi rapat

4)      Buku agenda surat (surat masuk dan surat keluar)

5)      Buku kas

6)      Buku Ekspedisi

7)      Buku inventaris

8)      Buku liputan kegiatan

9)      Buku hadir/ presensi

10)   Buku tamu

11)   Dan lainnya

 

B.    Inventaris Organisasi

1.     Inventaris organisasi adalah segala sesuatu yang dimiliki organisasi berupa harta kekayaan organisasi yang terdiri dari dua macam:

a.      Inventaris permanen: kekayaan organisasi yang dalam jangka relatif lama tidak mengalami perubahan, seperti gedung, lemari, white board, dan lainnya.

b.     Inventaris tidak permanen: kekayaan organisasi yang dalam waktu singkat mengalami perubahan seperti kop surat.

2.     Penyimpanan inventaris harus dilakukan dengan baik oleh personalia yang diserahkan tugas, khusus sesuai dengan pembagian tugas. Penyimpanan harus dilaksanakan dan ditempatkan di kantor/ sekretariat.

3.     Peminjaman inventaris dilayani dengan mengisi berita acara peminjaman atau mengisi pada buku khusus. Contoh format kolom peminjaman sebagai berikut:

No

Nama

Alamat

Nomor

Inventaris

Status Pinjaman/Kembali

Tanda Tangan

 

 

 

 

 

 

 

C.    Buku-buku Organisasi

1.     Buku Induk Anggota

No

NIM

Nama

TTL

Alamat

 

 

 

 

 

 

2.     Buku Notulensi  Rapat

Adalah buku yang digunakan oleh Pimpinan Sidang ketika sidang berlangsung, untuk mencatat hal-hal yang dirasa penting/perlu dicatat oleh pimpinan sidang, dengan kolom:

No

Hari/Tanggal

Pimpinan rapat

Pembahasan

Kesimpulan

 

 

 

 

 

 

3.     Buku Presensi Rapat adalah buku khusus yang memuat daftar hadir pimpinan dalam setiap rapat/

sidang, dengan kolomnya:

No

Hari/ Tanggal Agenda Rapat

Nama

Kesan/ Pesan

Tanda Tangan

 

 

 

 

 

 

4.     Buku Agenda Surat Masuk

Adalah buku untuk mencatat surat-surat masuk, dengan kolom: Nomor urut; tanggal masuk; no surat;  nama acara; tanggal acara pelaksanaan; pengirim surat (maksud surat); dan keterangan. Contoh format kolomnya:

No 

Tanggal

Masuk

No

Surat

Perihal Isi Surat

Tanggal

Acara

Pengirim

Surat

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7

Keterangan:

Kolom 1. Untuk menuliskan nomor urut surat masuk sesuai dengan nomor urut diterimanya surat oleh sekretariatan. Dalam hal ini nomor urut surat tidak sama dengan nomor dalam surat

Kolom 2. Untuk menuliskan tanggal diterimanya surat masuk

Kolom 3. Nomor surat yang terdapat di surat masuk

Kolom 4. Perihal isi surat ditulis singkat dan jelas sesuai yang tertera dalam surat

Kolom 5. Kolom “Tanggal acara” untuk tanggal pelaksanaan acara dalam surat tersebut

Kolom 6. Kolom “Pengirim surat” untuk asal surat/ instansi/ organisasi pengirim surat

Kolom 7. Untuk menuliskan catatan/ keterangan lain-lain apa yang dilaksanakan terhadap surat masuk

5. Buku Agenda Surat Keluar

Adalah buku untuk mencatat surat-surat keluar, dengan kolom: Nomor urut; tanggal surat; nomor surat; tujuan; isi pokok surat; dan keterangan. 

Contoh format kolomnya:

 

 

Nomor

Urut

Tanggal

Surat

No  Surat

Dikirim ke

Perihal Isi Surat

Keterangan

1

2

3

4

5

6

 

Keterangan:

Kolom 1. Untuk menuliskan nomor urut surat  keluar, untuk ini sama dengan nomor dalam surat 

Kolom 2. Untuk menuliskan tanggal dikirimnya surat keluar

Kolom 3. Nomor surat (kiri atas) yang terdapat di surat

Kolom 4. Kolom “Dikirim kepada” untuk alamat tujuan keluar

Kolom 5. Perihal isi surat ditulis singkat dan jelas sesuai yang tertera dalam surat

Kolom 6. Untuk menuliskan catatan/ keterangan lain-lain terhadap surat keluar

6.     Buku Kas

Adalah untuk mencatat hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Buku kas ini dengan kolom: tanggal; uraian; debit; kredit; (disesuaikan dengan kebutuhan).

Tanggal

Keterangan

Debit

Kredit

Saldo

 

 

 

 

 

 

7.     Buku Ekspedisi

Adalah buku yang digunakan untuk mencatat pengiriman surat. Buku ini sekaligus merupakan bukti bahwa surat sudah dikirim atau sudah diterima oleh yang bersangkutan. Surat-surat yang dianggap penting sebaiknya dikirimkan dengan menggunakan buku ekspedisi, agar dapat menjadi bukti bahwa surat tersebut sudah dikirim dan diterima oleh yang bersangkutan.

Buku ekspedisi ini dengan kolom: nomor urut; nomor dan perihal surat; tanggal pengiriman; alamat penerima; paraf/ tanda tangan; dan keterangan.

Contoh format kolomnya:

No

Nomor dan Perihal Surat

Tanggal Pengiriman

Alamat dan Tujuan Surat

Ket/Paraf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.     Buku Inventaris

Adalah buku yang digunakan untuk mencatat barang-barang yang menjadi milik organisasi/ inventaris untuk mempermudah dalam mengontrol hak milik organisasi, diperlukan adanya catatan tentang barang-barang yang dimiliki. Buku inventaris ini, dengan kolom: Nomor; nama/ jenis barang; bahan/ merek; asal barang; jumlah barang; dan keterangan untuk lebih lengkapnya ditambah dengan kolom yang lain seperti (tanggal dibeli; tanggal hilang; sisa barang, dll).

Contoh format kolom:

No

Nama Barang

Bahan/Merk

Asal Barang

Jumlah

Barang

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

9.     Buku Liputan Kegiatan (buku aktivitas)

Adalah merupakan buku yang digunakan untuk mencatat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dan hendaknya dibuat setiap bulan sekali berganti. Buku liputan ini, dengan kolom: nomor Urut; tanggal; bulan dan tahun pelaksanaan; dan nama kegiatan. (Bila personal disebutkan satu persatu; nama kegiatan; pelaksanaan; tempat; dan keterangan). Contoh kolomnya:

No

Tgl/ Bulan/

Tahun

Nama Kegiatan

Pelaksana

Tempat

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

10.  Buku Hadir/  Presensi

Buku hadir/ presensi kantor baik dalam rangka piket maupun untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan adalah buku daftar hadir harian. Buku ini diisi setiap anggota datang ke kantor. Buku hadir/ presensi dengan kolom: nomor; nama pimpinan; tanggal sebulan; jumlah kehadiran; dan keterangan. 

Contoh format kolom:

No

Nama

 

 

Tanggal/Bulan

 

Jumlah

Hadir

Ket

 

 

1

2

3

4

5

6

7 dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.  Buku Tamu

Adalah buku yang diperuntukkan bagi setiap tamu yang datang ke kantor, dengan contoh format kolomnya:

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Kolom 1. Nomor urut tamu yang datang berkunjung (no)

Kolom 2. Hari dan tanggal kedatangan tamu (hari/ tanggal)

Kolom 3. Waktu pada saat tamu datang berkunjung (pukul)

Kolom 4. Nama tamu (tulis dengan lengkap)

Kolom 5. Alamat tamu (organisasi/instansi) yang diwakili

Kolom 6. Personal/ orang yang ingin ditemui tamu (bertemu dengan)

Kolom 7. Tujuan/ Maksud Kedatangan

Kolom 8. Sudah ada perjanjian/ kesepakatan bertemu/ belum

Kolom 9. Paraf/ tanda tangan

Kolom 10. Keterangan

 

D. Dokumentasi Organisasi

1.  Pengertian

Dokumentasi organisasi adalah segala sesuatu yang menyangkut kegiatan pencarian, pengumpulan dan penyimpanan dokumen-dokumen organisasi Dokumen adalah suatu tanda bukti yang sah dari peristiwa atau kejadian. Pada dasarnya semua arsip organisasi adalah dokumen.

2.  Bentuk-bentuk Dokumen

a.      Gambar/ foto                                 c. Benda berharga

b.     Tulisan dan surat penting              d. Surat kabar, buku, majalah dll

3.  Pengelolaan Dokumen

a.      Pada dasarnya pengelolaan dokumen sama dengan inventaris.

b.     Dokumen selain digunakan untuk kepentingan tertentu dan penyusunan sejarah organisasi, juga dipakai untuk menyusun laporan rutin organisasi serta tanda bukti yang sah dan peminjaman dokumen dilayani dengan  mengisi berita acara peminjaman dokumen.

 

BAB III

ADMINISTRASI KEARSIPAN

 

A.      Arsip

1.  Pengertian

Arsip pada dasarnya merupakan dokumen organisasi yang menyangkut kepentingan organisasi, baik berupa buku-buku, laporan, makalah, surat dan sebagainya. Secara khusus yang dimaksud dengan arsip pada bagian ini adalah kumpulan surat yang disimpan secara sistematis, karena memiliki nilai manfaat yang sewaktu-waktu akan digunakan. Oleh karena itu, surat menjadi penting agar tata kearsipan dilakukan dengan baik.

2.  Sistem Pengarsipan

Beberapa sistem penyimpanan arsip:

a.      Sistem abjad (Alphabetic Filing), suatu sistem penyusunan arsip berdasarkan urutan dari A-Z.

b.     Sistem subjek (Subject Filing), suatu sistem penyusunan arsip berdasarkan permasalahan yang sering dihadapi.

c.      Sistem tanggal (Cronological Filing), suatu sistem penyusunan arsip berdasarkan urutan tanggal dari datangnya surat/ arsip.

d.     Sistem daerah (Geographical Filing), suatu sistem penyusunan arsip berdasarkan asal surat menurut Daerah/ Cabang/ Komisariat yang mengirim surat.

e.      Sistem nomor (Numerical Filing), suatu sistem penyusunan arsip berdasarkan susunan sesuai dengan nomor urut arsip.

Sistem penyimpanan arsip sebagaimana tersedia di atas dapat dipilih sesuai dengan kepraktisan masing-masing pengelola. Agar perawatan arsip dapat terjaga dengan baik maka perlu diperhatikan:

1)     Tempat penyimpanan (map/ lemari) arsip yang terbuat dari bahan yang baik dan awet (tahan rusak).

2)     Tempat penyimpanan terhindar dari api, air, dan kelembaban, serta mudah diawasi.

3.  Peminjaman Arsip

Arsip yang telah disimpan dan kemudian diperlukan lagi untuk dipinjam, hendaknya dilakukan dengan melalui prosedur sebagai berikut:

a.      Mengajukan permohonan peminjaman dengan mengisi pada buku yang telah disediakan (dapat disatukan dengan buku peminjaman inventaris).

b.     Penetapan batas waktu peminjaman.

c.      Pengambilan arsip.

Setelah dikembalikan oleh peminjam, maka pengelola harus memperhatikan hal sebagai berikut:

a.      Memeriksa keutuhan arsip seperti semula.

b.     Mengembalikan arsip ke tempat semula.

4.  Penyusutan Arsip

a.  Tujuan Penyusutan Arsip

Tujuan penyusutan arsip adalah mengendalikan arus arsip yang tercipta serta mengatur penyelamatan arsip. Dilihat dari kepentingan dan kegunaan penyusutan        arsip adalah untuk:

1)     Pendayagunaan arsip dinamis baik sebagai berkas kerja maupun sebagai  referensi.

2)     Pertimbangan ekonomis, baik yang berkaitan dengan keterangan, ruangan   maupun peralatan.

b.  Tata Cara Penyusutan Arsip

Penyusutan arsip dilakukan dengan pertimbangan:

1)     Nilai administratif, yaitu nilai yang berkaitan dangan kegunaan arsip untuk  kegiatan administratif sehari-hari.

2)     Nilai keuangan, yaitu nilai yang mempunyai daya pembuktian di bidang keuangan.

3)     Nilai penelitian dan sejarah, yaitu nilai sebagai data ilmiah dan historis yang dikemudian hari akan sangat berharga.

4)     Usia arsip.

                Penyusutan arsip dilakukan dengan cara:

1)     Penjilitan

2)     Pemusnahan arsip

3)     Penyerahan arsip kepada arsip Universitas

B.      Surat

1.     Pengertian

Surat adalah bentuk penuangan ide atau kehendak berupa tulisan dan dapat  menjadi gambaran tentang suatu peristiwa yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

2.     Fungsi Surat

Urusan surat-menyurat adalah suatu bagian penting dari pekerjaan administrasi kesekretariatan. Bagi organisasi, surat berfungsi sebagai:

a.  Alat komunikasi;

b.  Dokumentasi organisasi; dan

c.  Alat pembuktian (tanda bukti).

3. Macam dan Bentuk Surat

1) Macam-macam surat:

a. Menurut Jenis

i.              Surat Keputusan

ii.            Surat Mandat/ Tugas

iii.          Surat Instruksi/ Edaran

iv.           Surat Undangan, Laporan, Instruksi/ Edaran

v.             Surat Penghargaan

b. Menurut Wujud

i.              Kartu Pos

ii.            Telegram

iii.          Nota

iv.          Biasa

c. Menurut Isi/ Keamanan

i.              Sangat Rahasia (vital): surat yang bernilai sejarah ilmiah atau memiliki nilai sangat penting seperti SK, surat perjanjian dan hasil-hasil penelitian.

ii.            Rahasia (Penting): surat yang dapat membantu kelancaran organisasidan sulit dicari di tempat lain, seperti peraturanperaturan organisasi.

iii.          Biasa: surat yang meiliki kegunaan bersifat sementara dan hanya sewaktu-waktu dibutuhkan. Misalnya surat permohonan penceramah, dll.

iv.           Tidak Penting: surat yang telah habis masa kegunaannya, seperti undangan, dll.

 

 

 

2)  Bentuk Surat

a.   Surat-menyurat LKM (BEM UAD, BEM F dan HMPS) mengunakan bentuk block style (bentuk Amerika) atau bentuk lurus, kecuali suratsurat khusus seperti: keputusan, mandat, perrjanjian, instruksi/edaran (masing-masing contoh dapat dilihat pada macam-macam surat tujuan).

b.  Surat resmi harus menggunakan bahasa indonesia yang sesuai dengan EYD (ejaan yang disempurnakan), sederhana, objektif dan mudah dipahami.

c.   Isi surat

4.  Kode dan Indeks Surat

a.  Kode surat (asal keluar surat)

I

Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa

II

Sekretaris Negara

III

Keuangan Negara

IV

Kementerian Luar Negeri

V

Kementerian Dalam Negeri

VI

Kementerian Komunikasi dan Informasi

VII

Kementerian Pengabdian Masyarakat

VIII

Kementerian Seni Budaya dan Olahraga

IX

Kementerian Pendidikan

X

Kementerian Advokasi

XI

BEM F

XII

HMPS

 

b.  Kode Surat untuk BEM F dan HMPS

Kode

Instansi

Kode

Instansi

XI-1

BEM FAI

XI-6

BEM F MIPA

XI-2

BEM F Ekonomi

XI-7

BEM FKM

XI-3

BEM F Psikologi

XI-8

BEM FKIP

XI-4

BEM FTI

XI-9

BEM F Hukum

XI-5

BEM F Farmasi

XI-10

BEM FSBIK

 

 

 

 

XII-1

HMPS Ekonomi Pembangunan

XII-13

HMPS PBSI

XII-2

HMPS Manajemen

XII-14

HMPS PBI

XII-3

HMPS Akuntansi

XII-15

HMPS P. Matematika

XII-4

HMPS Teknik Industri

XII-16

HMPS P. Fisika

XII-5

HMPS Teknik Informatika

XII-17

HMPS P. Biologi

XII-6

HMPS Teknik Kimia

XII-18

HMPS PKN

XII-7

HMPS Teknik Elektro

XII-19

HMPS PGSD

XII-8

HMPS Matematika

XII-20

HMPS PGPAUD

XII-9

HMPS Fisika

XII-21

HMPS Sastra Inggris

XII-10

HMPS Sistem Informasi

XII-21

HMPS Sastra Indonesia

XII-11

HMPS Biologi

XII-22

HMPS Ilmu Komunikasi

XII-12

HMPS BK

 

 

 

c.  Indeks Surat (tujuan surat)

A

Muhammadiyah

B

ORTOM / Rektorat/ Lembaga Internal UAD

C

KBM UAD

D

Internal masing-masing ORMAWA

E

Perguruan Tinggi Se-Indonesia

F

BEM Perguruan Tinggi Se-Indonesia

G

Lembaga Negara dan Instansi Pemerintah

H

Organisasi sosial politik LSM

I

Pribadi/ Perorangan

 

Contoh penomoran surat:

ü  Surat ditujukan kepada BEM F dari Presiden Mahasiswa

01/I/C/UAD/2015 Keterangan:

01 

 

: Nomor urut surat

II 

 

: Surat dari Presiden Mahasiswa

C 

 

: Ditujukan kepada anggota KBM UAD

UAD

 

: Nama kampus

2015

 

: Tahun pembuatan surat

 

ü  Surat ditujukan kepada internal BEM FAI (Departemen) dari BEM FAI 05/XI-1/D/UAD/2015 Keterangan:

05         

: Nomor urut surat

XI-1     

: Surat dari BEM FAI

D          

: Ditujukan kepada internalnya

UAD 

: Nama kampus

2015     

: Tahun pembuatan surat

4. Pengelolaan surat

a.  Surat Keluar

1)       Pembuatan konsep

2)       Pengetikan

3)       Pemeriksaan/ penelitian

4)       Penandatanganan

5)       Pembubuhan cap/ stempel organisasi

6)       Penulisan dalam agenda

7)       Penyimpanan arsip

8)       Pelipatan surat

9)       Penulisan dalam buku ekspedisi

10)   Pemasukan dalam amplop (terlebih dahulu diberi alamat tujuan)

11)   Penempelan prangko (jika lewat pos)

12)   Pengiriman surat dengan cara diantarkan sendiri, dengan kurir/ utusan/  lewat pos

b.  Surat Masuk

1)       Surat masuk diterima bagian agendaris

2)       Masuk pada staf sekretaris

3)       Penelitian/ pembacaan surat

4)       Pemberian disposisi (catatan singkat tentang tindak lanjut surat)

5)       Pemberian cap agenda dan cap surat

6)       Diajukan dan dibicarakan dalam rapat (terutama surat-surat penting yang tidak mungkin diambil kebijakan langsung oleh sekretaris)

7)       Pembubuhan disposisi berdasarkan keputusan rapat

8)       Pemrosesan surat dan pengarsipan surat


 

Contoh Surat Keputusan:

(BEM U/ BEM F/ HMPS *) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

                                             Telp      : ...........                         

                                            Fax.      : ...........

Website : .....................

e-mail  : .....................

 

                                      Jalan ........ Kab./ Kota ..... Provinsi ...... Kode Pos .....

SURAT KEPUTUSAN

Nomor: ………………….

 

TENTANG

…………………………………………………………………

 

(BEM  U/BEM F/ HMPS *) Universitas Ahmad Dahlan setelah:

 

Menimbang:

1.  …………………………………………………………………………….

2.  …………………………………………………………………………….

3.  …………………………………………………………………………….

 

Mengingat: 

1.  …………………………………………………………………………….

2.  …………………………………………………………………………….

 

Memperhatikan: …………………………………………………………………………….

 

MEMUTUSKAN

 

Menetapkan: …………………………………………………………………………….

 

PERTAMA: …………………………………………………………………………….

 

KEDUA: …………………………………………………………………………….

 

                                                           Ditetapkan di              : …………..

                                                     Pada tanggal                : ……………………….. H

                                                     Bertepatan tanggal      : ……………………….. M

 

 

(Presiden/ Gubernur/ Ketua*)

 

……………………………. NIM ……………

Tembusan : ……………

* Pilih salah satu

Contoh Surat Mandat/ Tugas: (BEM U/ BEM F/

                                             Telp      : ........... 

                                            Fax.      : ...........

Website : .....................

e-mail  : .....................

 

Jalan ........ Kab./ Kota ..... Provinsi ...... Kode Pos .....

 

SURAT MANDAT

Nomor: ………………..

(BEM U/ BEM F /HMPS*) Universitas Ahmad Dahlan......... dengan ini memberikan mandat kepada:

1. 

Nama: 

........................................................

 

Jabatan: 

..........................................................

 

Alamat: 

..........................................................

2.

 Nama: 

..........................................................

 

Jabatan: 

..........................................................

 

Alamat: 

..........................................................

Keperluan: ................................................................................................................

 

Dengan ketentuan, …….. (…...) hari setelah mengikuti kegiatan tersebut agar menyampaikan laporansecara tertulis.

 

Demikian surat mandat ini kami berikan, untuk dijadikan pegangan dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                          Pada tanggal   : ……………………….H

                                                                                          Bertepatan tanggal                                   : ………………………M

 

 

(Presiden/ Gubernur/ Ketua*)

 

…………………………….

 

NIM …………....

 

 

Tembusan : ……………………………

* Pilih salah satu

Contoh Surat Penghargaan/ Sertifikat:

(BEM U/ BEM F/

                                             Telp      : ........... 

                                            Fax.      : ...........

Website : ..................... e-mail  : .....................

                                      Jalan ........Kab. /Kota ..... Provinsi ...... Kode Pos .....

 

PENGHARGAAN/ SERTIFIKAT

(BEMU/ BEM F/ HMPS *)

Nomor: ..............................................................

Diberikan kepada:

Nama                              : ..................................................................................................

Tempat/ Tanggal Lahir                                                            : ..................................................................................................

Fakultas/Jurusan/Angkatan  : ..................................................................................................

Alamat                          : ..................................................................................................

Utusan                           : ..................................................................................................

Sebagai bukti keikutsertaan dalam ................................ yang diselenggarakan pada:

hari/ tanggal   : .................................................................................................. tempat    : ..................................................................................................

 

Semoga Allah meridhoinya.

 

                                                                                            Pada tanggal      : …………………….H

                                                                                            Bertepatan tanggal                         : ……………………M

 

 

 

 

       (Presiden/Gubernur/Ketua*)                                                      (Ketua Panitia)

 

      …………………………….                                                   ………………………

 

           NIM ……………                                                                    NIM ……………

 

 

Tembusan: …………….

* Pilih salah satu

Contoh Surat Undangan dari Panitia 

(BEM U/ BEM F/

                                             Telp      : ........... 

                                            Fax.      : ...........

Website : ..................... e-mail  : .....................

                                     Jalan ........ Kab./ Kota ..... Provinsi ...... Kode Pos .....

 

……………………….. H

……………………….. M

Nomor  : ……………                                                               Lampiran  : …………...                                                              

Perihal             : ……………………………

 

Yth. ……………………….                      

         ………………………

 

 

Assalamualaikum w. w.

 

 

 

                                                      ISI

                                                 SURAT

 

Demikian ……………….

Billahifisabililhaq Fastabiqul Khoirot Wassalamualaikum w. w.

Panitia Pelaksana,

            (Ketua Panitia)             

 

                                             (Sekretaris Panitia)

…………………………….

 

…………………………

      NIM ……………              

                                       NIM …………… Mengetahui,

Presiden/Gubernur/Ketua*)

 

…………………………….

 

NIM ……………

Tembusan : ……………………………

* Pilih salah satu


Contoh Surat Undangan dari Instnasi (BEM U, BEM F, HMPS)

(Himpunan Mahasiswa Program Studi.......)

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

                                             Telp      : ...........                         

                                            Fax.      : ...........

Website : ..................... e-mail  : .....................

                                    Jalan ........ Kab./ Kota ..... Provinsi ...... Kode Pos .....

 

……………………….. H

……………………….. M

Nomor  : ……………                                                               Lampiran  : …………...                                                               

Perihal             : ……………

 

Yth. ……………………….

……………………………

 

Assalamualaikum w. w.

 

 

 

                                                      ISI

                                                 SURAT

 

 

Demikian ……………….

Billahifisabililhaq Fastabiqul Khoirot Wassalamualaikum w. w.

 

(Presiden/ Gubernur/ Ketua *)

 

………………………

 

NIM ……………

             

Contoh Surat Undangan dari Kementrian BEM UAD

(Badan Eksekutif Mahasiswa) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

                                             Telp      : ...........                         

                                            Fax.      : ...........

Website : ..................... e-mail  : .....................

                                    Jalan ........ Kab./ Kota ..... Provinsi ...... Kode Pos .....

 

……………………….. H

……………………….. M

Nomor  : ……………                                                               Lampiran  : …………...                                                              

Perihal             : ……………

 

 

Yth. ……………………….

……………………….

 

 

Assalamualaikum w. w.

 

 

 

                                                      ISI

                                                 SURAT

 

 

Demikian ……………….

Billahifisabililhaq Fastabiqul Khoirot Wassalamualaikum w. w.

 

               (Menteri)                                                                     (Sekretaris Menteri)

 

       ……………………                                                       ………………………

           NIM ……………                                                           NIM …………… Mengetahui,

(Presiden Mahasiswa UAD)

 

……………………………. NIM ……………

 

 

Contoh Pengesahan Proposal untuk HMPS

     Tempat, tgl, bulan, dan tahun

(Yogyakarta, 21 Januari 2015)

 

          (Ketua Panitia)                                                                      (Sekretaris Panitia)

 

…………………………….                                                        ………………………

 

           NIM ……………                                                                    NIM ……………

 

Mengetahui,

 

       (Gubernur Fakultas)                                                               (Ketua HMPS…..)

 

…………………………….                                                        ………………………

 

           NIM ……………                                                                    NIM ……………

 

(Ka. Kaprodi)                         

                                                             

                                                            …..............................

 

                                                             NIM ……………

 

 

Contoh Pengesahan Proposal untuk BEM F

     Tempat, tgl, bulan, dan tahun

(Yogyakarta, 21 Januari 2015)

 

(Ketua Panitia)                                                                         (Sekretaris Panitia)

 

…………………………….                                                 ………………………

 NIM ……………                                                                 NIM ……………

 

Mengetahui,

 

(Presiden Mahasiswa UAD)                                                    (Gubernur Fakultas....)

 

…………………………….                                                     ………………………

 

           NIM ……………                                                                    NIM ……………

(Wakil Dekan Fakultas…….)

 

…………………………….

 

NIP ……………

 

Contoh Pengesahan Proposal untuk BEM UAD

       Tempat, tgl, bulan, dan tahun

(Yogyakarta, 21 Januari 2015)

 

     (Ketua Panitia)                                                                (Sekretaris Panitia)

 

 

…………………………….                                                 ………………………

NIM ……………                                                                    NIM ……………

 

 

Mengetahui,

 

(Presiden Mahasiswa)                                                             (Menteri……….)

                                                                                     

……………………                                                                ………………….

 

NIM ……………                                                                   NIM ……………

 

Menyetujui,

 

Wakil Rektor III 

Universitas Ahmad Dahlan

 

 

………………………

NIP …………….

 

 

Keterangan:

1.  Kop Surat, terdiri dari:

a)     Nama organisasi tidak disingkat dan dalam bahasa indonesia dengan jenis huruf kapital Times New Roman size 14 dan tebal. (alignt text left sebelah kanan logo) Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM).

i.            Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (BEM UAD)

ii.          Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas ……. Universitas Ahmad Dahlan

(BEM F …... UAD) iii.          Himpunan Mahasiswa Program Study …….. (HMPS ….. UAD)

b)     Alamat sekretariat ditulis lengkap dengan Times New Roman size 12  didalam kotak persegi panjang dibawah nama organisasi.

c)     Logo Organisasi terletak dibagian kiri dari poin a, sudut bagian bawah logo sejajar dengan tepi kiri surat.

d)     Kalimat “Bismillah” (ditulis lengkap dengan huruf arab) dengan posisi center.

2.  Nama kota tempat pembuatan surat tidak perlu dibuat karena sudah ada di kop surat.

3.  Tanggal pembuatan surat ditulis dua macam. Contohnya: Tanggal, bulan, tahun Hijriah

Tanggal,bulan, tahun Miladiyah 4. Salam Pembuka: Assalamualaikum w. w. ditulis tanpa dimiringkan karena sudah menjadi bahasa baku dan tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

5.       Isi surat:

a.  Pembuka 

b.  Penjabaran dari perihal surat

c.  Penutup

6.       Salam Penutup

7.       Mencantumkan NIM atau NIP di bawah nama dan tanda tangan

8.       Untuk seluruh tulisan menggunakan huruf Times New Roman size 12

9.       Tata cara tembusan:  memberikan surat pemberitahuan ke instansi/organisasi diatasnya

            Contoh: HMPS memberikan surat ke BEM Fakultas

                           BEM Fakultas memberikan surat ke BEM UAD

10.    Penggunaan “atas nama” tetap dengan nama yang ditanda tangani

            Contoh:

a.n. Presiden Mahasiswa Sekretaris

 

 

..................................

              NIM ...................................

 

 

 

 

 

 

 

             

BAB IV ADMINISTRASI KEANGGOTAAN

 

A.      Pengertian

Administrasi keanggotaan adalah administrasi yang menyangkut segala aspek keanggotaan yang meliputi: pembuatan data base pimpinan Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM U, BEM F dan HMPS).

 

B.      Database Pengurus

1. Pembuatan Database Pengurus

Database pengurus merupakan pendataan kepengurusan Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM U, BEM F dan HMPS) dari tingkat Universitas hingga Program Studi yang nantinya menjadi data di Kementerian Dalam Negeri.

3. Prosedur Pembuatan Database Pengurus

a.    Mengisi DRH semua pengurus di masing-masing instansi

b.   DRH pengurus menjadi arsip di masing-masing instansi dan kopian diserahkan ke Kementerian  Dalam Negeri.

c.    Melengkapi database kepengurusan dalam buku induk anggota

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             

BAB V PANDUAN PROPOSAL 

 

A.  Pengertian

Proposal kegiatan merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Berasal dari kata Propositum yang berarti menampilkan ke muka, membayangkan, mengajukan, mengusulkan.

 

B.  Sasaran Panduan

Kemampuan membuat proposal kegiatan merupakan salah satu pokok rencana kegiatan yang perlu diberikan kepada pengurus organisasi. Oleh karena itu, bagi seluruh organisasi wajib membuat proposal kegiatan saat penyelenggaraan kegiatan. Hal ini bertujuan agar seluruh pengurus organisasi di LKM (BEM U, BEM F dan HMPS) mengetahui sistem administrasi organisasi tentang penulisan proposal.

 

C.  Tujuan

Sebagai panduan proposal yang digunakan di setiap LKM (BEM U, BEM F dan HMPS) dalam pembuatan proposal. (berlaku mulai periode 2015 – selanjutnya).

 

D.  Kelengkapan Proposal

Dalam pengajuan proposal kegiatan kepada BIMAWA harus dilengkapi dengan lampiran-lampiran kegiatan tersebut yang akan dijelaskan di selanjutnya.

E.   Alur Pengajuan Proposal Kegiatan 

a.     Alur pengajuan untuk BEM U

             

 

b.     Alur Pengajuan Proposal BEM F dan HMPS

 

 

F.   Sistematika Penulisan Proposal 

Dalam penulisan proposal kegiatan, poin-poin yang harus ada dalam proposal antara lain:

a.     Halaman Muka (Cover)

Pada cover harus tercantum judul proposal, nama Kementerian/Departemen, lambang BEM (jika ada lambang kegiatan maka dicantumkan), dan nama LKM (Lembaga Kegiatan Mahasiswa) 20….-20…. 

 

                                                                     PROPOSAL…..

 

                                                             Departemen/ Kementerian

 

             

                                                                   Logo BEM/ HMPS

 

             

 

                                                                  BEM …./ HMPS…..

                                                     UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

                                                                              20…

 

 

 

 

 

b.     Isi Proposal Isi proposal meliputi:

A.    Latar Belakang  

B.    Tema Kegiatan  

C.    Maksud dan Tujuan Kegiatan  

D.    Sasaran Kegiatan  

E.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan  

F.     Susunan Panitia  

G.   Susunan Acara  

H.   Rancangan Anggaran  

I.      Penutup dan Pengesahan

 

Poin-poin di atas perlu disesuaikan dengan jenis proposal yang diajukan. Kalau memang tidak perlu, maka tidak ditulis. Contohnya, proposal pengajuan baju dinas, maka tidak perlu menulis susunan panitia, susunan acara dll yang memang sekiranya tidak perlu.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VI

PANDUAN 

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN (LPJ)

 

A.  Pengertian

 Laporan pertanggungjawaban kegiatan merupakan laporan pertanggungjawaban yang dibuat masing-masing oleh Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Kementerian, Koordinator Bidang, Departemen/Bidang LKM (BEM U, BEM F dan HMPS) yang mengenai segala aktivitas pelaksaan kegiatan yaitu capaian kegiatan tentang keberhasilan suatu kegiatan yang dilaksanakan dan realisasi anggaran juga disertakan sesuai dengan rancangan kegiatan serta dalam realisasi anggaran ini ditulis secara rinci pada setiap kegiatan yang telah dilaksanakan dan disertakan dengan lampiran bukti-bukti kegiatan (surat-surat, presensi kehadiran, dokumentasi dan nota-nota kegiatan).

 

B.  Tujuan

Sebagai pertanggungjawaban dari proposal yang digunakan di setiap LKM (BEM U, BEM F dan HMPS) dalam pembuatan proposal. (berlaku mulai periode 2015 – selanjutnya).

 

C.  Kelengkapan Laporan Pertanggungjawaban

 Dalam pertanggungjawaban kegiatan kepada BIMAWA harus dilengkapi dengan lampiran-lampiran kegiatan tersebut yang akan dijelaskan di selanjutnya.

 

D.  Alur Pengajuan Laporan Pertanggungjawaban

a.  Alur pengajuan untuk BEM U

 

b.  Alur pengajuan untuk BEM F dan HMPS

 

 

 

E.   Sistematika Penulisan LPJ Kegiatan 

Dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban kegiatan, poin-poin yang harus ada di dalamnya adalah: 

a.      Halaman Muka (Cover)

Pada cover harus tercantum judul proposal, nama Kementerian/Departemen, lambang

BEM (jika ada lambang kegiatan maka dicantumkan), dan nama LKM (Lembaga Kegiatan Mahasiswa) 20…-20…

                                          LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN…..

                                                             Departemen/ Kementerian

 

             

 

                                                                   Logo BEM/ HMPS

 

             

 

BEM …./ HMPS…..

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 20…

 

b.     Isi Laporan Pertanggungjawaban

Isi laporan pertanggungjawaban adalah daftar isi, analisis SWOT kegiatan, laporan pertanggungjawaban masing-masing badan pengurus dan lampiran (foto-foto selama kegiatan, perangkat kepanitiaan seperti, surat-surat, notulensi rapat kepanitiaan, notulensi acara/materi, daftar peserta, name tag, sertifikat, publikasi, undangan, dll). Laporan pertanggungjawaban badan pengurus mencakup:

I.             Badan Pengurus Harian (Ketua, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum)

Isi laporan meliputi pendahuluan, poin-poin di dalam proposal, pandangan umum ketua panitia (evaluasi kegiatan dan kepanitiaan), kendala, evaluasi diri dan tim, saran, dan rekomendasi.  Khusus untuk bendahara juga mencantumkan laporan keuangan selama masa kepengurusan berlangsung.

No

Departemen atau biro

Program

Pemasukan

Pengeluaran

Saldo

1

 

2

Subsidi kampus

 

Konsumsi

.......

 .........

Rp 1.000.000,-

 

-

-

-

Rp 200.000,-

Rp 1.000.000,-

 

Rp 800.000,-

...................

 

Total

 

 

 

...............

 

II.          Bidang Kepanitian

Isi laporan meliputi tahap persiapan (mencantumkan hal-hal yang terjadi pada saat persiapan kegiatan, mulai dari rapat persiapan dan keputusan-keputusan yang diambil pada saat persisapan kegiatan; disusun secara kronologis), tahap pelaksanaan (mencantumkan hal-hal yang terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan; disusun secara kronologis, berdasarkan waktu) dan evaluasi kegiatan (kendala, keberhasilan kegiatan, evaluasi diri dan tim, saran, dan rekomendasi).

Isi Laporan Pertanggungjawaban meliputi:

A.    Latar Belakang 

B.    Tema Kegiatan 

C.    Maksud dan Tujuan Kegiatan 

D.    Sasaran Kegiatan 

E.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan 

F.     Susunan Panitia 

G.   Susunan Acara 

H.   Realisasi Anggaran

I.      Hasil kegiatan

J.     Evaluasi

K.   Penutup dan Pengesahan

L.    Lampiran

1)     Fotokopi slip pengambilan dana

2)     Nota-nota

3)     Foto kegiatan

 

Poin-poin di atas perlu disesuaikan dengan jenis proposal yang diajukan. Kalau memang tidak perlu, maka tidak ditulis. Contohnya, proposal pengajuan baju dinas, maka tidak perlu menulis susunan panitia, susunan acara dll yang memang sekiranya tidak perlu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VII

PENUTUP

 

Pedoman ini dibuat untuk mengatur keseragaman di dalam menjalankan administrasi keorganisasian di lingkungan Lembaga Kegiatan Mahasiswa (BEM U, BEM F, HMPS) Universitas Ahmad Dahlan.

 

 

 

Yogyakarta, 21 Januari 2015

 

                          Presiden Mahasiswa                                     Menteri Administrasi Negara

                   Universitas Ahmad Dahlan                                                        

             

             

             

             

             

                              Rio Pamungkas                                                    Deleis Djunedi

                               NIM 11022008                                                    NIM 11012040

 

 

Mengetahui,

 

Ketua DPM 

Universitas Ahmad Dahlan

 

 

 

 

 

Feri Taupik Ridwan

NIM 11009003

           


Komentar